Pola asuh ibu single parent dalam mendidik agama anak pada keluarga ladies companion di kampung tematik karaoke Argorejo Semarang

Main Author: Masruroh, Chilyatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13847/1/1703016112_Chilyatul%20Masruroh_FULL%20SKRIPSI%20-%20Chilya%20Chil.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13847/
Daftar Isi:
  • Pendidikan agama merupakan kebutuhan dan hak setiap individu, termasuk anak-anak dari keluarga yang bekerja sebagai ladies companion atau pemandu karaoke di Kampung Tematik Karaoke Argorejo Semarang. Ibu single parent memiliki tantangan yang berbeda dengan seorang ibu yang masih didampingi suami dalam mengasuh anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh ibu single parent dalam mendidik agama anak pada keluarga ladies companion di Kampung Tematik Karaoke Argorejo Semarang, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mendidik agama anak pada keluarga ladies companion di Kampung Tematik Karaoke Argorejo Semarang. Kualitatif lapangan menjadi jenis penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen sebagai teknik untuk mengumpulkan data. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh ibu single parent yang bekerja sebagai ladies companion di Kampung Tematik Karaoke Argorejo Semarang dalam mendidik ilmu agama kepada anak-anaknya tidak satu pola. Ada yang memenuhi kriteria pola asuh otoriter, ada yang memenuhi kriteria pola asuh permisif dan ada yang memenuhi kriteria pola asuh demokratis. Sedangkan untuk faktor pendukung dan penghambat pola asuh ibu Single Parent yang bekerja sebagai ladies companion di Kampung Tematik Karaoke Argorejo Semarang ada 6 (enam) faktor yaitu: 1) tingkat pendidikan, 2) tingkat ekonomi, 3) kepribadian orang tua, 4) jumlah anak, 5) lingkungan, dan 6) budaya. Dimana masing-masing faktor dapat menjadi pendukung dan juga dapat menjadi penghambat pola asuh informan penelitian ini tergantung situasi dan kondisi masing-masing informan