Pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang

Main Author: Ula, Shikha Nur Wakhidatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13828/1/1703016083_Shikha%20Nur%20Wakhidatul%20Ula_Full%20Skripsi%20-%20Shikha%20Nur%20Wakhidatul%20Ula%281%29.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13828/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Intensitas Kegiatan Membaca Al Quran Terhadap Ibadah Salat Fardhu Siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui: 1. Intensitas kegiatan membaca Al Quran siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang 2. Pelaksanaan ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang 3. Ada dan tidaknya pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa angket dengan sampel yang digunakan berjumlah 96 dari siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa ada dalam kategori “cukup”. Berdasarkan data, bahwa nilai rata-rata intensitas kegiatan membaca Al Quran sebesar 47,68 yakni berada pada kategori “cukup” dan nilai rata-rata ibadah salat fardhu sebesar 82,02 yang berada pada kategori “cukup”. Selanjutnya hasil analisis regresi sederhana mengungkapkan bahwa pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban pada signifikan taraf 5% adalah 〖 F〗_hitung = 19,10 > F_tabel = 3,94. Oleh karena itu, hipotesis yang penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik intensitas siswa membaca Al Quran semakin baik pula pelaksanaan ibadah salat fardhunyafardhu sebesar 82,02 yang berada pada kategori “cukup”. Selanjutnya hasil analisis regresi sederhana mengungkapkan bahwa pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban pada signifikan taraf 5% adalah 〖 F〗_hitung = 19,10 > F_tabel = 3,94. Oleh karena itu, hipotesis yang penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik intensitas siswa membaca Al Quran semakin baik pula pelaksanaan ibadah salat fardhunyafardhu sebesar 82,02 yang berada pada kategori “cukup”. Selanjutnya hasil analisis regresi sederhana mengungkapkan bahwa pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban pada signifikan taraf 5% adalah 〖 F〗_hitung = 19,10 > F_tabel = 3,94. Oleh karena itu, hipotesis yang penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik intensitas siswa membaca Al Quran semakin baik pula pelaksanaan ibadah salat fardhunya