Pengembangan e-modul kimia berbasis contextual teaching learning (CTL) pada materi minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan teknik kendaraan ringan

Main Author: Nisa', Maulida Akmala
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13824/1/Skripsi_1503076031_Maulida_Akmala_Nisa.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13824/
Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan e-modul kimia berbasis Contextual (CTL) pada materi minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan teknik kendaraan ringan dilatar belakangi karena kurangnya sumber belajar kimia SMK khususnya bidang keahlian teknik kendaraan ringan, selain itu buku yang digunakan belum mengintegrasikan kimia dengan bidang keahlian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik dan mengkaji kualitas modul yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD atau Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Namun dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap development, dikarenakan adanya keterbatasan waktu dan situasi pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan dilaksanakannya penelitian uji coba kelas kecil. Karakteristik dari e-modul yang dikembangkan terlihat pada keterkaitan materi kimia dengan konteks kejuruan teknik kendaraan ringan. Selain itu juga dilengkapi dengan basis Contextual Teaching Learning (CTL) yakni yang menampilkan konsep pembelajaran yang mengaitkan antara materi pembelajaran dengan kehidupan peserta didik secara nyata. Hasil uji kualitas e-modul yang dikembangkan berdasarkan penilaian validator materi memperoleh nilai 0,80 dengan kategori tinggi, penilaian validator ahli media memperoleh nilai 0,73 dengan kategori tinggi. Berdasarkan data hasil uji validasi maka dapat disimpulkan bahwa e-modul kimia berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) terintegrasi konteks kejuruan Teknik kendaraan ringan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik.