Program muhasabah di MTS al Hamidah Kuwu
Main Author: | Mustaqimah, Salisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13814/1/1704046075_%20SALISA%20MUSTAQIMAH_%20Skripsi%20Lengkap.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13814/ |
Daftar Isi:
- Fenomena kenalakan remaja samapi saat ini belum tertangani dengan baik. Dalam usaha untuk meminimalisisr kenakalan yang sering terjadi pada masa remaja, MTs Al Al Hamidah telah menerapkan Metode muhasabah. Maksud dalam penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan muhasabah di MTs Al Hamidah Kuwu agar dapat menjadi model penanganan kenakalan remaja. Secara umum muhasabah ialah metode evaluasi terhadap perilaku sebelum ataupun sesudah melaksanakan suatu kegiatan, atau muhasabah ialah metode perhitungan terhadap sesuatu yang telah dilakukan, sehingga nampak jelas kesalahan atau kebaikan apa yang telah dilakukan. Metode dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara atau interview serta observasi atau pengamatan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya pelaksanaan program muhasabah di bagi dalam muhasabah sebelum dan sesudah melaksanakan sesuatu. Program ini diketegorikan dengan sebelum melaksanakan sesuatu yaitu, pembiasaan salam dan berjabat tangan, pembiasaan membaca yasin dan tahlil, pembiasaan membaca asmaul husna, dan setelah melaksanakan sesuatu yaitu dalam bentuk pemberian sanksi kepada para siswa yang melanggar peraturan dimadarasah. Kelebihan dari Program muhasabah yang telah di terapkan di MTs Al Hamidah Kuwu berdampak baik, tersebut ditunjukkan bahwa para siswa MTs Al Hamidah Kuwu memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi dan menangani kenakalan remaja serta para siswa memiliki akhlak yang baik di sekolahan ataupun di rumah, dan dapat mengamalkan pembiasaan dari proses pelaksanaan muhasabah dengan baik terbukti dengan peserta didik yang dapat memimpin yasin dan tahlil di lingkungan rumah, peserta didik juga memiliki akhlak yang santun yang semakin baik hari demi hari, dan kenakalan remaja di sekolah menurun dengan di tunjukkannya peserta didik yang telah mendapatkan sanksi memiliki efek jera namun terdapat beberapa peserta yang mengulangi kesalahan yang diberikan. Terdapat siswa yang melaksanakan dengan tidak sungguh sungguh sehingga hasil yang ingin di capai kurang maksimal dan kurangnya kontroling dari bapak ibu guru pada saat pelaksanaan program muhasabah di MTs Al Hamidah Kuwu hal tersebut dikategorikan sebagai kekurangan dalam pelaksanaan program muhasabah di MTs Al Hamidah Kuwu.