Student attitudes toward chemistry lessons (SATCL) siswa kelas XI SMA Negeri 13 Semarang ditinjau dari gaya kognitif melalui pembelajaran proyek pada materi laju reaksi

Main Author: Pramesti, Widya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13811/1/SKRIPSI_1503076005_WIDYA_PRAMESTI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13811/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap peserta didik terhadap kimia (student attitudes toward chemistry lessons) serta minat belajar peserta didik rendah, sehingga berdampak pada nilai akademik yang belum mencapai KKM. Upaya sadar menyikapi hal ini, perlu dilakukan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui student attitudes toward chemistry lessons ditinjau dari gaya kognitif pada materi laju reaksi melalui pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) di SMA Negeri 13 Semarang. Penelitian yang dilakukan merupakan eksperimen dengan desain pre experimental design dan bentuk one group pretest-postest design. Pengambilan sampel secara cluster random sampling. Populasi terdiri dari seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 13 Semarang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket (student attitudes toward chemistry lessons). Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif. Uji peningkatan dengan N-Gain student attitudes toward chemistry lessons antara peserta didik dengan gaya kognitif field dependent dan peserta didik dengan gaya kognitif field independent berturut-turut adalah 0,05 (kategori rendah) dan 0,24 (kategori rendah). Adapun nilai koefisien korelasi antara student attitudes toward chemistry lessons dengan gaya kognitif, didapatkan rhitung = 0,4229 dengan taraf signifikansi 5% rtabel = 0,329. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan atau korelasi positif antara student attitudes toward chemistry lessons dengan gaya kognitif. Interpretasi terhadap koefisien korelasi sebesar 0,4229 yang termasuk dalam interval sedang antara 0,400-0,429. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas XI MIPA 2 memiliki perbedaan student attitudes toward chemistry lesson ditinjau dari gaya kognitif melalui pembelajaran berbasis proyek pada materi laju reaksi dan hubungan antara student attitudes toward chemistry lessons dengan gaya kognitif dinyatakan terdapat hubungan positif sedang.