Implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Semarang
Main Author: | Sa'adah, Nurus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13732/1/1503016176_Nurus%20Sa_adah_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Nurusz%20Sa_adah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13732/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang implementasi pendidikan karakter di MAN 1 Kota Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan dan pembinaan karakter. MAN 1 Kota Semarang adalah salah satu sekolah Islam dengan konsep pendidikan yang memadukan ilmu pengetahuan umum dan ilmu ke-Islaman serta nilai-nilai sosial tertentu untuk membentuk karakter, diantaranya menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab. Penanaman pendidikan karakter yang diterapkan menggunakan strategi yang bagus dan tepat dengan menyesuaikan kebutuhan dan keadaan siswa. Maka dari itu pihak sekolah membuat program-program sebagai usaha untuk memupuk karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi penanaman karakter tanggung jawab dan disiplin di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field-research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan triangulasi untuk mengecek keabsahan data dan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai teknik dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin di MAN 1 Kota Semarang yaitu dengan cara diintegrasikan ke dalam kurikulum maupun program madrasah, kegiatan belajar mengajar, kegiatan pengembangan diri, dan adanya uswah hasanah yang diberikan guru serta adanya pembiasaan bagi peserta didik. Sebagaimana hasil yang diperoleh maka untuk mengimplementasikan pendidikan karakter di madrasah menggunakan strategi dan juga diperlukan kerjasama dengan semua pihak yang bersangkutan.