Pendidikan anti bullying dalam kitab Al-Akhlaq li al-Banin
Main Author: | Azizah, Elok Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13717/1/1503016135_Elok%20NurAzizah_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Elok%20Nur%20azizah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13717/ |
Daftar Isi:
- Melihat fakta dari data PISA bahwa korban bullying di Indonesia tertinggi kelima di dunia, maka masalah bullying harus mendapatkan penanganan yang baik. Masalah prilaku bullying berkaitan dengan budi pekerti, ataupun akhlak seseorang yang buruk, dan hal ini harus diperbaiki. Dengan menggunakan literasi pendidikan akhlak sebagai upaya meminimalisir perilaku buruk anak seperti bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang mendalam tentang pendidikan anti bullying dalam kitab Al-Akhlaq li al-Banin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ke-pustakaan/literatur (library research), dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian berasal dari kitab Al- Al-Akhlaq li al-Banin dan buku-buku terkait bullying. Fokus penelitian adalah pendidikan anti bullying dalam kitab Al-Akhlaq li al-Banin. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisi data berupa analisis isi (content analysis), dilanjutkan analisis deduktif, kemudian dapat menyimpulkan pendidikan anti bullying dalam kitab Al-Akhlaq li al-Banin. Temuan penelitian, pertama: Materi pendidikan anti bullying dalam kitab Al-Akhlaq li al-Banin dapat dilihat di jilid 1, bab 2 (Anak yang sopan), dan bab 31 (Adab seorang anak kepada teman-temannya). Pada jilid 2, bab 20 (Apa kewajibanmu terhadap teman-temanmu). Dan pada jilid 3, bab 3 (Macam-macam adab percakapan). Kedua: Metode pendidikan anti bullying yang digunakan Syekh Umar Ahmad Baradja dalam kitabnya Al-Akhlaq li al-Banin menggunakan 2 metode utama yaitu, berupa nasihat-nasihat dan kisah.