Pendidikan akhlak dalam buku Muhammmad Al-Fatih generasi emas kesultanan utsmani (nilai dan kontribusinya di era industri 4.0)

Main Author: Lesmana, Agung
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13710/1/1503016105_Agung%20Lesmana_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Agung%20Lesmana.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13710/
Daftar Isi:
  • Kajian ini di latarbelakangi oleh dampak kemajuan dari era industri 4.0 yang membuat maraknya kemosrotan akhlak pada anak didik saat ini, hal tersebut yang akan selalu menjadi pekerjaan rumah bagi orang tua dan pendidik. Karenanya, perlu kajian mengenai pendidikan akhlak lewat pemanfaatan karya sastra yang diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pendidikan Islam di Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pendidikan akhlak dalam buku Muhammad Al-Fatih Generasi Emas Kesultanan Utsmani (nilai dan konstribusinya di era industri 4.0). Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1)Apa saja konsep nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Muhammad Al-Fatih Generasi Emas Kesultanan Utsmani ? 2)Bagaimana impliksasi nilai pendidikan akhlak dalam buku Muhammad Al-Fatih Generasi Emas Kesultanan Utsmani dengan pendidikan Islam di era industri 4.0? Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan historis. Adapun teknis analisis data menggunakan analisis isi . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Muhammad Al-Fatih Generasi Emas Kesultnan Utsmani diantaranya: Nilai akhlak terhadap diri sendiri, Nilai akhlak kepada Allah, Nilai akhlak sebagai pemimpin. Temuan tersebut memberikan acuan bahwa pentingnya pendidikan akhlak dalam pendidikan Islam sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan di era industri 4.0 yang semakin maju ini, supaya dapat mempertahankan ekistensinya sebagai individu yang memliki kepribadian luhur.