Pengaruh edukasi, reputasi dan kepercayaan terhadap minat muzakki membayar zakat mal studi kasus di Desa Sumur, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal

Main Author: Burhanuddin, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13669/1/SKRIPSI_1705026117_NUR_BURHANUDDIN.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13669/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia di tengah pandemi covid-19 yang melanda adalah masalah ekonomi. kondisi tersebut tidak bisa dibebankan hanya pada negara, artinya masyarakat muslim menengah keatas harus dapat saling tolong menolong dengan cara membayar zakat Mal. Namun permasalah yang ada misalnya minimnya edukasi masyarakat, kurangnya reputasi pengelola atau panitia zakat, serta kepercayaan masyarakat terhadap pengelola zakat menjadi faktor terkuat dalam mempengaruhi masyarakat untuk tidak membayarkan zakat Mal. Hal tersebut yang terjadi pada masyarakat Desa Sumur, maka dengan itu tujuan daripada penelitian ini yaitu untuk mencari Pengaruh Edukasi, Reputasi dan Kepercayaan terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Mal (studi kasus di Desa Sumur, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal). Karya ilmiah yang berupa skripsi ini menggunakan metode penelitian yaitu pendekatan kuantitatif. Untuk sumber data yang digunakan yaitu dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner pada masyarakat Desa Sumur dengan jumlah 70 responden. Kemudian dalam menganalisis atau mengelola data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22. Hasil dari penelitian ini adalah Edukasi berpengaruh secara signifikan positif terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Mal. Hal ini terbukti dengan adanya hasil nilai thitung > ttabel yaitu (4,864 > 1,668) dan nilai signifikasi (0,000 < 0,05). Reputasi berpengaruh secara signifikan positif terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Mal. Hal ini terbukti dengan adanya hasil nilai thitung > ttabel yaitu (2,073 > 1,668) dan nilai signifikasi (0,042 < 0,05). Kepercayaan berpengaruh secara signifikan positif terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Mal. Hal ini terbukti dengan adanya hasil nilai thitung > ttabel yaitu (2,566 > 1,668) dan nilai signifikasi (0,013 < 0,05). Edukasi, Reputasi dan Kepercayaan berpengaruh secara bersama-sama atau simultan terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Mal. Hal ini terbukti dengan adanya hasil uji F (Simultan) yaitu Fhitung > Ftabel yaitu (45,659 > 2,74). Didukung oleh uji koefisien determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,660 atau 66%.