Model pendidikan karakter religius di SDIT Permata Bunda Pucang Gading Demak

Main Author: Taufiq, Wildan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13658/1/1503016097_Wildan%20Taufiq_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Wildan%20Taufiq.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13658/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah penanaman pendidikan karakter tidak bisa hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan atau melatih suatu keterampilan. Penanaman karakter itu perlu proses, contoh teladan, dan pembiasaan atau pembudayaan dalam lingkungan peserta didik dalam lingkungan sekolah, keluarga, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan media massa. Dipilih SDIT Permata Bunda Pucang Gading sebagai lokasi penelitian tentang model pendidikan karakter religius karena memiliki program pendidikan karakter yang menarik, khususnya program pendidikan karakter religius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pendidikan karakter religius di SDIT Permata Bunda Pucang Gading Mranggen Demak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field-research),dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan triangulasi untuk mengecek keabsahan data dan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai teknik dalam menganalisis data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam pelaksanaan pendidikan karakter untuk peserta didik model yang diterapkan di SDIT Permata Bunda adalah model kolaborasi. Mengkolaborasikan model integrasi dengan model suplemen (ekstrakurikuler). Bahwasannya di SDIT Permata Bunda pendidikan karakter diintegrasikan pada semua mata pelajaran seperti guru IPA menyisipkan karakter bersyukur disaat memberikan materi tentang anggota tubuh. Sedangkan model suplemen (esktrakurikuler) dilaksanakan melalui sebuah kegiatan wajib setelah sepulang sekolah disebut PEKA (Pembinaan Karakter). 2) Pelaksanaan pendidikan karakter bagi peserta didik di SDIT Permata Bunda dilakukan dengan menggunakan berbagai metode, seperti metode qishah (cerita), metode uswah (keteladan), metode pembiasaan, metode mutaba’ah yaumiyah, dan metode pemberian reward dan punishment. 3) Evaluasi di SDIT Permata Bunda bekerja sama dengan orang tua siswa dengan mengisi angket yang mana berisi poin-poin karakter, yang diberi nama mutaba’ah online. seperti sholat wajib, sholat sunah, puasa sunah, membaca al-Qur’an, kesantunan terhadap orang yang lebih dewasa, dan juga menutup aurat.