Pengaruh pembiasaan Shalat Dhuha terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI di SMK Islamic Centre Semarang
Main Author: | Ayunintias, Asri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13655/1/1503016076_Asri%20Ayunintias_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Asri%20Ayunintias%281%29.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13655/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI di SMK Islamic Centre Semarang. Tujuan dari penelitian ini diantaranya: (1) Untuk mengetahui tingkat pembiasaan shalat dhuha siswa kelas XI di SMK Islamic Centre Semarang (2) Untuk mengetahui tingkat kedisiplinan belajar siswa kelas XI di SMK Islamic Centre Semarang (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI di SMK Islamic Centre Semarang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survei. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam metode wawancara, dokumentasi dan angket/kuesioner. Untuk menguji hipotesis dilakukan analisis statistik dengan teknik analisis regresi sederhana. Subyek penelitian sebanyak 86 responden, yaitu siswa kelas XI di SMK Islamic Centre Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, uji hipotesis yang dilakukan menggunakan analisis regresi dengan persamaan regresi sederhana diperoleh Y’ = 31,269 + 0,625X. Untuk menguji signifikansi persamaan regresi tersebut digunakan analisis varian dengan hasil Freg = 30,41 > 3,955 = Ftabel, dan dinyatakan signifikan. Hasil tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembiasaan shalat dhuha terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI di SMK Islamic Centre Semarang. Adapun besarnya pengaruh variabel X pada variabel Y ditunjukkan dengan koefisien determinasi/kontribusi R2 yang memperoleh nilai sebesar 26,6 %. Ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pembiasaan shalat dhuha maka kedisiplinan belajar yang dimiliki siswa juga semakin baik. Untuk selebihnya kedisiplinan belajar dipengaruhi oleh faktor lain baik faktor internal maupun eksternal yang tidak termasuk dalam variabel penelitian.