Pengaruh penggunaan metode pembelajaran trial by jury terintegrasi nilai-nilai keislaman terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Nurul Qur’an Tegalwero Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati tahun ajaran 2019/2020 pada materi virus
Main Author: | Huda, Ahmad Afthon Ilman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13601/1/SKRIPSI_1403086046_AHMAD%20AFTHON%20ILMAN%20HUDA.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13601/ |
Daftar Isi:
- Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar. Metode pembelajaran berfungsi sebagai pedoman bagi guru saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Namun penggunaan metode pembelajaran yang menarik dan inovatif masih sangat jarang digunakan khususnya dalam mata pelajaran Biologi materi Virus di MA Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi. Latar belakang tersebut menjadi dasar penelitian ini dengan rumusan masalah apakah terdapat pengaruh dalam penggunaan metode pembelajaran trial by jury terintegrasi nilai-nilai keislaman terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA MA Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimendengan model pretest-posttest control group design dengan tehnik sampling jenuh. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil analisis Uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney diperoleh nilai Asym.sig<0,05maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi (82,5) daripada kelas kontrol (75,4). Hasil perhitungan uji N-Gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 56% dan kelas kontrol 38%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran trial by jury terintegrasi nilai-nilai keislaman sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA MA Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi pada tahun ajaran 2019/2020.