Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki implementasi kurikulum PAI di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil teknik penelitian menunjukkan bahwa, implementasi kurikulum PAI di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang dilakukan dengan menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) berdasarkan PP No. 19 tahun 2005. Pelaksanaanya dilakukan dengan; a) pelaksanaan intra kurikuler melalui, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi; b) ektra kurikuler, terdiri : pidato, tilawatil Qur‟an, tartilul Qur‟an, musik Islami; c) menciptakan budaya sekolah Faktor pendukung kurikulum PAI adalah SDM guru yang memenuhi syarat, sarana prasarana yang mendukung, metode pembelajaran yang sesuai, serta peran serta semua komponen yang ada; faktor penghambat pelaksanaan kurikulum PAI adalah, waktu yang kurang mencukupi, input siswa yang tidak sama serta politik kekuasaan yang selalu berganti-ganti program. Faktor yang mendasari pengelolaan kurikulum di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang adalah karena tujuan dan target lembaga yang mengharapkan agar siswa memiliki prestasi yang unggul, bermutu tinggi dan mampu melahirkan sumber daya manusia yang siap memikul amanah Allah SWT sebagai hamba dan khalifah-Nya. Selain itu didukung dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang memiliki pengembangan kurikulum dan inovasi pembelajaran dengan cara menggunakan model-model pembelajaran terkini, SBSA, CTL, aktif learning dan model-model yang lain serta penghargaan dan hukuman (reward and punishment) serta bimbingan belajar.