Hubungan pemahaman mata kuliah keagamaan dan keterpaduan iptek dalam Islam terhadap kemampuan mengintegrasikan nilai Islam dalam RPP pada mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang
Main Author: | Anam, Faisal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13599/1/SKRIPSI_1403086032_FAISAL%20ANAM.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13599/ |
Daftar Isi:
- Saat ini pembelajaran di sekolah Islam yaitu SMA (Sekolah Menengah Atas) Islam atau MA (Madrasah Aliyah), diketahui ada yang telah menerapkan integrasi Sains dan Islam. Namun hanya disampaikan saat proses pembelajaran berlangsung, tidak terencana didalam RPP. Hal ini menjadikan integrasi yang dilakukan hanya sebatas penyampaian secara insidental. Jadi perlu diketahui hal-hal apa yang dapat mendukung pengintegrasian nilai Islam dalam RPP. Peneliti memiliki analisis awal berupa 2 hal yang dapat mendukung dalam pengintegrasian tersebut yaitu pemahaman keagamaan dan keterpaduan iptek dalam Islam. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan hubungan pemahaman mata kuliah Keagamaan dan Keterpaduan Iptek dalam Islam terhadap kemampuan mengintegrasikan nilai Islam dalam RPP. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2016 dalam menyusun RPP berintegrasi nilai Islam. Hasil penelitian yang pertama yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman mata kuliah Keagamaan dan Keterpaduan Iptek dalam Islam terhadap kemampuan mengintegrasikan nilai Islam dalam RPP. Hasil kedua dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2016 memiliki kemampuan yang amat baik dalam menyusun RPP berintegrasi nilai Islam.