Pemanfaatan new media dalam siaran dakwah di Radio Fast 90.1 FM Magelang

Main Author: Azizi, Ali
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13580/1/1401026136_Ali%20Azizi_FULL%20SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13580/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan new media yang dilakukan oleh Radio Fast FM Magelang di era digital serta optimalisasinya dalam proses siaran program-program radio. Metode pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati. Data yang hendak dicari adalah data yang menggambarkan pelaksanaan siaran radio yang memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, yang mengintegrasikan teknologi baru sebagai media dengan sasarannya adalah aktivitas siaran dakwah di stasiun radio Fast FM Magelang. Hasan (2002) jenis penelitian dikategorikan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di kancah atau medan terjadinya gejala. Dalam pembahasannya tersusun rumusan masalah yaitu, “Bagaimana pemanfaatan New media dalam siaran dakwah di Stasiun Radio Fast 90.1 FM Magelang?”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pemanfaatan new media dilakukan radio Fast FM Magelang karena dalam proses siaran radio Fast FM ingin menyesuaikan zaman yang serba digital dan memperluas jangkauan siaran yang sebelumnya hanya sejauh 12 kilometer. Dalam optimalisasi pemanfaatan new media Fast FM menggunakan jejaring sosial Seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube dengan sasaran utama pengguna internet dan ponsel pinter.