Gambaran pemahaman terhadap konsep moderasi beragama di kalangan mahasiswa prodi Studi Agama-Agama UIN Walisongo Semarang: studi kasus mahasiswa Prodi Studi Agama-Agama Angkatan 2018

Main Author: Mustafidah, Nailul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13571/1/1704036001_NAILUL%20MUSTAFIDAH_FULL%20SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13571/
Daftar Isi:
  • Moderasi beragama di kalangan mahasiswa harus digaungkan dengan lantang oleh semua lini. Civitas akademika mulai dari dosen, pegawai, hingga mahasiswanya di suatu universitas. Hal ini selaras dengan seruan dari Kemenag RI untuk melakukan pengarusutamaan sikap Moderasi beragama di lingkungan universitas. Pengarusutamaan moderasi beragama dilingkup universitas bukan tanpa alasan. Ini dikarenakan bahwa ancaman paham radikalisme sudah banyak menjangkiti para kaum remaja-dewasa dilingkup universitas. Dalam usia remaja-dewasa, usia tersebut masih dalam masa pencarian jati diri. Fase itu menjadikan para mahasiswa rentan terpengaruhi paham radikalisme. Agar tak terjangkiti paham radikalisme yang merusak tersebut, maka pemahaman akan sikap Moderasi Beragama adalah salah satu tamengnya. Mahasiswa prodi Studi Agama Agama yang notabene dibentuk menjadi agen perdamaian melalui matakuliah-matakuliah yang diajarkan apakah telah menjadikan mereka paham dengan konsep moderasi beragama? Yang mana tujuan konsep moderasi beragama juga selasar dengan matakuliah-matakuliah di Prodi SAA tersebut. Maka dalam penelitian ini, peneliti akan meneliti bagaiamana para mahasiswa prodi SAA UIN Walisongo Semarang Memahami konsep Moderasi Beragama.