Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya praktek murabahah di BMT NU Sejahtera yang memiliki peluang untuk menumbuhkan persepsi masyarakat yang baik terhadap produk tersebut. Praktek tersebut berpusat pada adanya kemudahan dan fleksibilitas pengadaan barang dalam akad murabahah, di mana pengadaan barang dapat dilakukan sendiri oleh nasabah setelah adanya penyerahan uang dan penandatanganan akad. Hal ini akan memunculkan sebuah citra yang positif terhadap produk murabahah. Kemunculan citra tersebut tentu akan menimbulkan hubungan yang positif dengan penumbuhan minat masyarakat untuk melakukan pembelian atau pemanfaatan produk murabahah. Oleh sebab itu, maka penulis kemudian ingin mengukur seberapa besar hubungan citra murabahah dengan minat nasabah untuk membeli produk murabahah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner, sedangkan analisa data menggunakan rumusan korelasi Spearman yang diaplikasikan secara komputasi dengan menggunakan program SPSS seri 16.0. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Koefisien korelasi dapat diketahui dari table coefficient correlation dengan melihat pada baris coefficient correlation yang menunjukkan angka 0,901. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa nilai koefisien korelasi antara citra produk dengan kepuasan nasabah adalah sebesar 0,901. Koefisien korelasi sebesar 0,901 berada di interval nilai korelasi ≥ 0,90 – 1,00. Selain itu, hasil tersebut juga mengandung makna bahwa hubungan antara citra murabahah dengan minat nasabah sebesar 90,01%. Keberadaan tersebut sekaligus mengindikasikan bahwa tingkat keeratan hubungan antara variable X dan variable Y adalah sangat kuat atau tinggi. Ketentuan dalam pengujian keberartian adalah manakala angka Sig lebih besar dari konstanta yang digunakan, yakni 0,05 maka hipotesis akan ditolak. Namun apabila sebaliknya, yakni Sig lebih kecil dari konstanta, maka hipotesis dapat diterima. Dari table correlations diketahui bahwa angka Sig adalah sebesar 0,000. Oleh karena angka 0,000 adalah lebih kecil dari 0,05, maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Dari perhitungan tersebut mengindikasikan bahwa citra murabahah memiliki hubungan yang positif dengan penciptaan minat nasabah untuk membeli atau memanfaatkan produk murabahah di BMT NU Sejahtera Mangkang Kota Semarang.