Analisis pengaruh gaya hidup, religiusitas dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian secara online studi kasus pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang tahun angkatan 2017

Main Author: Rizki, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13562/1/Skripsi_1705026071_Muhammad_Rizki.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13562/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang perubahan gaya hidup dan tingkat religiusitas individu seseorang serta tingkat kualitas sebuah produk yang tidak bisa diabaikan seiring perkembangan jaman dan teknologi sehingga memberikan pengaruh terhadap keinginan seseorang untuk melakukan keputusan pembelian secara online yang mana belanja online telah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Hal ini diperkuat dengan mobilitas individu yang semakin tinggi sehingga memengaruhi konsumen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh gaya hidup, religiusitas dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian secara online mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2017. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket (kuesioner) dengan sampel berjumlah 97 responden. Analisis data meliputi uji normalitas, uji heterokedasitas, uji multikolinearitas serta analisis regresi berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinan (R2). Semua data memenuhi kriteria pengujian yang digunakan. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,446. Angka tersebut dapat disimpulkan bahwa 44,6% keputusan pembelian online mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2017 dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independent. Sedangkan 55.4% dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online (Y) pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2017 dengan nilai koefisien sebesar 0,653. Sedangkan variabel religiusitas (X2) dan variabel kualitas produk (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian secara online (Y) pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2017 dengan nilai koefisien 0,039 untuk variabel religiusitas dan 0,078 untuk variabel kualitas produk.