Pengaruh etika bisnis Islam dan penjualan online melalui merchant Go-Food partner terhadap peningkatan omset para usaha kuliner dimasa pandemi covid-19 studi kasus para usaha kuliner Go-Food patner di Kota Tegal

Main Author: Khikmah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13560/1/Skripsi_1705026061_Nurul_Khikmah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13560/
Daftar Isi:
  • Go-Food merupakan salah satu layanan pesan antar makanan yang terdapat pada aplikasi karya anak bangsa yaitu Go-jek. Kemudahan pada layanan Go-Food telah memberikan prospek yang baik bagi para mitranya apalagi di masa Pandemi saat ini. Di masa pandemi Covid-19 dimana terdapat kebijakan PSBB untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 membuat kebutuhan akan konsumsi pangan kian meningkat. Kebutuhan yang meningkat ini tetap bisa terpenuhi dengan adanya layanan Go-Food yang siap untuk mengantarkan makanan yang dipesan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Karena keadaan inilah yang memberikan peluang dan kesempatan bagi para pembisnis khususnya di bidang kuliner untuk dapat memanfaatkan dari adanya layanan Go-Food ini. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menguraikan pengaruh etika bisnis islam dan penjualan online melalui merchant Go-Food partner terhadap peningkatan omset para usaha kuliner yang ada di Kota Tegal. Sampel dalam penelitian ini adalah para usaha kuliner yang telah menjadi mitra Go-Food yang tersebar di tempat kecamatan yang ada di KotaTegal. Pengumpulan data dikerjakan dengan mendistribusikan angket kepada 56 responden. Teknik dalam mengambil sampel menerapkan teknik Simple Random Sampling. Metode yang digunakan untuk analisis adalah uji analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial melalui uji T dari variabel etika bisnis islam dan penjualan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan omset. Variabel etika bisnis islam berpengaruh positif terhadap peningkatan omset dengan nilai signifikasi 0,021 ≤ 0,05 dan nilai thitung ≥ ttabel yakni 2,375 ≥ 2,006. Variabel penjualan online berpengaruh posistif terhadap peningkatan omset dengan nilai signifikasi 0,021 ≤ 0,05 dan thitung ≥ ttabel yakni 2,382 ≥ 2,006. Secara simultan berdasarkan uji statistik F menunjukkan bahwa etika bisnis islam dan penjualan online melalui merchant Go-Food partner secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikasi 0,000 ≤ 0,05 dan nilai fhitung ≥ ftabel yakni 10,896 ≥ 3,168. Sedangkan dari nilai Uji koefisien determinasi (R2) menunjukan bawasanya variabel etika bisnis islam dan penjualan online melalui merchant Go-Food partner memiliki pengaruh terhadap peningkatan omset para usaha kuliner sebesar 29,1% dan 70,9% sisanya adalah faktor luar yang tidak diketahui dan tidak dicantumkan dalam penelitian ini.