Pengembangan multimedia pembelajaran model hybrid berbasis Android guna meningkatkan pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP N 16 Semarang
Main Author: | Safitri, Diah Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13553/1/SKRIPSI_1708056035_Diah%20Ayu%20Safitri.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13553/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Salah satu materi pada mata pelajaran matematika SMP adalah bangun ruang sisi datar. Berdasarkan riset terdahulu dan hasil analisis kebutuhan di SMP Negeri 16 Semarang diperoleh bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar. Pengembangan multimedia pembelajaran model hybrid ini dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut. Multimedia dikembangkan dengan menggunakan metode Research and Development (RnD). Desain penelitian yang digunakan adalah 4P yang meliputi tahap Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran. Kualitas multimedia ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian, multimedia pembelajaran model hybrid yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.