Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari gaya kognitif siswa dalam model pembelajaran problem based learning

Main Author: Insani, Irham Aisyal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13552/1/SKRIPSI_1503056085_Irham%20Aisyal%20Insani.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13552/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar masih rendah. Siswa masih kesulitan dalam menerapkan rencana untuk menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya kognitif siswa dlam model pembelajaran problrm based learning tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 27 siswa. Dari kelas tersebut kemudian diambil empat responden yang terdiri dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan pada masing-masing jenis gaya kognitif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis setiap butir soal berdasarkan kemampuan pemecahan masalah menurut polya meliputi (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) melaksanakan rencana penyelesaian, (4) memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) dari 27 siswa, 16 siswa memiliki gaya kognitif field dependent, dan 11 siswa memiliki gaya kognitif field independent, (2) mayoritas siswa rata-rata sudah mampu menguasai indikator memahami masalah, sementara pada indikator merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali masih sedikit siswa yang mampu menguasainya, (3) kemampuan pemecahan masalah siswa dari kelompok field dependent kurang mampu pada semua indikator Polya. Siswa dengan jenis gaya kognitif field independent memiliki kemampuan pemecahan lebih baik, yaitu mampu menguasai indikator Polya.