Efektivitas model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik materi pokok himpunan semeter gasal kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak, (Boyolali) tahun pelajaran 2019/2020
Main Author: | Sari, Usge Novi Hermika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13544/1/SKRIPSI_1503056056_Usge%20Novi%20Hermika%20Sari.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13544/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai solusi dari permasalahan terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah True Experimental Design jenis Post-test Only Control Design. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling dari 73 peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi matematika yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata klasikal kelas eksperimen dengan menerapkan model Numbered Heads Together (NHT), lebih baik dari pada nilai rata-rata klasikal kelas kontrol dengan menerapkan model konvensional. Hal ini dibuktikan dengan uji perbedaan rata-rata dengam menggunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan dengan dk= 46 dan taraf signifikansi 5% diperoleh yaitu 3,703 > 1,679 maka dalam pengujian ini ditolak dan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas kontrol. Artinya penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) efektif terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak tahun pelajaran 2019/2020.