Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana
Main Author: | Prakosa, Mochamad Arbach |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13542/1/SKRIPSI_1503056045_Mochamad%20Arbach%20P.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13542/ |
Daftar Isi:
- Mata pelajaran yang sulit di pelajari menurut para siswa adalah Ilmu Matematika karena memiliki pemahaman dan penggunaan bahasa yang terlalu sulit dipahami. Padahal dalam matematika untuk hal komunikasi, menyampaikan gagasan matematis yang berisikan konsep, rumus, atau strategi penyelesaian suatu masalah itu penting guna proses komunikasi guru dengan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi matematis pada materi kubus dan balok Berdasarkan Tipe Kepribadian Guardian, Artisan, Rational dan Idealist pada Kelas VIII MTS Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas VIII MTs Tarbiyatus Shibyan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes tertulis komunikasi matematis dan wawancara. Indikator komunikasi matematis yang digunakan adalah: (1) Menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika, (2) Menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika, secara lisan ataupun tulisan, (3) Menyelesaikan persoalan peristiwa sehari-hari dengan bahasa dan simbol-simbol matematika, (4) Membuat kesimpulan secara tertulis menggunakan bahasa sendiri. Hasil analisis disimpulkan bahwa tipe kepribadian idealist memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding dengan Tipe kepribadian Guardian, Artisan dan Rational. Nantinya hasil ini akan dapat digunakan dalam pembelajaran dan dapat disesuaikan dengan tipe kepribadian siswa masing masing.