Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP N 7 Salatiga tahun ajaran 2019/2020 ditinjau dari gaya belajar

Main Author: Rizqiya, Indah Futicha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13532/1/SKRIPSI_1503056014_INDAH%20FUTICHA%20RIZQIYA.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13532/
Daftar Isi:
  • Kemampuan komunikasi matematis adalah salah satu kemampuan matematis yang berperan penting dalam membentuk siswa menjadi individu yang komunikatif, berani menyampaikan gagasannya secara sistematis dan jelas. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik berbeda-beda, salah satunya karena gaya belajarnya berbeda-beda juga. Sehinga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP N 7 Salatiga tahun ajaran 2019/2020 ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif disktiptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di SMP N 7 Salatiga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan tes kemampuan komunikasi matematis, angket gaya belajar dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan gaya belajar siswa.Hasil tes dan hasil wawancara kemampuan komunikasi matematis kemudian dianalisis berdasarkan gaya belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi matematis pada level baik. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kemampuan komunikasi pada level sangat baik, dan siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya mampu mencapai kemampuan komunikasi matematis pada level cukup.