Analisis kesalahan penyelesaian soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan kriteria Watson

Main Author: Nadziroh, Ulya Ainun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13455/1/SKRIPSI_1503056005_%20Ulya%20Ainun%20Nadziroh.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13455/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian yaitu pentingnya peserta didik dapat menyelesaikan soal HOTS. Dengan soal HOTS diharapkan tujuan kurikulum 2013 untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat terwujud. Karena soal HOTS merupakan instrumen yang digunakan mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada sebuah penelitian ditemukan bahwa peserta didik belum sempurna dalam menyelesaikan soal HOTS. Hal ini berarti masih terdapat kesalahan. Sehingga melakukan analisis terhadap kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS merupakan hal penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan peserta didik dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan pesrta didik salah dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan metode tes dan wawancara. Subyek penelitian diambil 6 peserta didik berdasarkan kelompok nilai yang didapatkan. Setiap subyek dilakukan wawancara terkait hasil menyelesaikan soal HOTS pada materi SPLDV. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan cara: membandingkan kesalahan subyek dengan hasil wawancara, bila terdapat banyak kesamaan data maka data dinyatakan valid. Bila terdapat perbedaan maka data dinyatakan tidak valid, dan bila terdapat data yang tidak valid, maka peneliti melakukan konfirmasi dengan guru mata pelajaran matematika kelas VIII D. Hasil penelitian yaitu, delapan jenis kesalahan menurut kriteria watson ditemukan dalam penelitian ini. Jenis kesalahan paling banyak soal nomor 1 level C4 adalah kesalahan prosedur tidak tepat. Jenis kesalahan dominan soal nomor 3 level C5 adalah prosedur tidak vi tepat. Kesalahan soal nomor 4 level C5 didominasi selain tujuh kesalahan. Jenis kesalahan soal nomor 5 level C6 paling banyak yaitu konflik level respon. Dan jenis kesalahan soal nomor 6 level C6 didomninasi kesalahan konflik level respon. Adapaun faktor penyebab kesalahan menyelesaikan soal level C4 yaitu tidak tau cara menyelesaikan soal, menjawab soal dengan cara tidak logis dan kekurangan waktu mengerjakan. faktor penyebab kesalahan menyelesaikan soal level C5 adalah kurang teliti membaca soal, terburu-buru, tidak tau cara yang digunakan menyelesaikan soal dan kekurangan waktu. Selanjutnya faktor penyebab kesalahan menyelesaikan soal level C6 meliputi tidak memahami maksud soal, tidak menyertakan operasi aljabar, terburu-buru, kurang teliti, dan kekurangan waktu.