Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas dan pemahaman konsep siswa pada materi bentuk Aljabar kelas VII SMP Takhassus Al-Qur’an

Main Author: Yulianti, Linda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13430/1/1708056088_Linda%20Yulianti_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Linda%20Yulianti.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13430/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas dan kemampuan pemahaman konsep siswa SMP Takhassus Al-Qur’an Wonosobo yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas dan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control design dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling, diperoleh kelas VII J sebagai kelas eksperimen dan kelas VII K sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji t untuk tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian untuk angket kreativitas diperoleh t_hitung=8,365 dan rata-rata kemampuan pemahaman konsep diperoleh t_hitung=11,516, dengan taraf signifikan 5% diperoleh t_tabel=2,001. Maka masing-masing nilai t_hitung>t_tabel. Sehingga model pembelajaran Project Based Learning efektif terhadap kreativitas dan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi bentuk aljabar. Hal ini dikarenakan model pembelajaran Project Based Learning didesain untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk menemukan pemahaman secara mandiri dengan kegiatan proyek melalui interaksi sosial.