Efektivitas penerapan strategi inkuiri dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bacaan tajwid di kelas VII SMP Negeri 18 semarang

Main Author: Febriansah, Moh. Choerun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13362/1/1603016204_Moh.%20Choerun%20F._Full%20Skripsi%20-%20choerun%20febryansyah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13362/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi Inkuiri dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bacaan tajwid peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMP Negeri 18 Semarang. Sampelnya adalah kelas VII A yang terdiri dari 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D yang terdiri dari 32 peserta didik sebagai kelas kontrol.teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan nmetode tes dan metode dokumentasi. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan nilai tes sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan strategi Inkuiri dan kelas kontrol menggunakan strategi konvensional dengan metode ceramah. Setelah data didapat, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji signifikasi. Dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung = 2,655644242 sedangkan ttabel = 2,000. Karena thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan dapat diterima, yaitu pembelajaran dengan strategi Inkuiri efektif untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bacaan tajwid di kelas VII SMP Negeri 18 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan mengguanakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata hasil belajar yang diberikan pengajaran dengan mengguanakan strategi Inkuiri adalah 91,88 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol adalah 80,63. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi informasi dan masukkan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah, terutama dalam menerapkan strategi, metode, dan model pembelajaran yang baik dan tepat, yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar peserta didik.