Analisis penerapan ta’zir terhadap pendidikan kedisiplinan santri di pondok pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah Bringin, Ngaliyan, Semarang

Main Author: Khasanah, Uswatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13356/1/1603016189_USWATUN%20KHASANAH_Full%20Skripsi%20-%20Uchaa_%20Official.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13356/
Daftar Isi:
  • Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang bertujuan untuk mempersiapkan santri untuk menjadi generasi penerus yang alim, berakhlak mulia dan selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Salah satu metode pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren ialah dengan memberikan ta’zir kepada santri yang melanggar tata tertib pesantren. Pondok pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah sampai sekarang masih menerapkan ta’zir karena sangat diperlukan untuk menegakkan kedisiplinan dan aturan di pondok pesantren. Penelitian ini membahas tentang analisis penerapan ta’zir terhadap pendidikan kedisiplinan santri di pondok pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah Bringin, Ngaliyan, Semarang. Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti bertindak sebagai partisipan dan informan dalam penelitian ini adalah pengasuh, pengurus dan santriwati PPMQA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bentuk penerapan ta’zir, adanya bel, adanya absensi, denda, skorsing sebagai pendidikan kedisiplinan bagi santri yang melanggar tata tertib pondok pesantren belum maksimal karena adanya pengulangan dalam melakukan pelanggaran. 2) efek penerapan ta’zir menimbulkan dampak posistif dan negatif bagi santri. 3) faktor pendukung: kedisiplinan santri, keaktifan dan ketegasan pengasuh, kerjasama antara santri dengan pengurus, kesadaran santri akan kesalahan yang telah dilakukan, dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya ketegasan dari pengurus, santri sering menunda-nunda dalam melaksanakan ta’ziran, adanya aturan yang sering berubah atau tidak konsistennya aturan.