Efektivitas penerapan strategi pemasaran pada produk SIWITA (Simpanan Wisata ) di BMT Al-Hikmah Ungaran

Main Author: Wahyuningsih, Lina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13325/1/1705015036_Lina%20Wahyuningsih_FULL%20TA-dikonversi%20-%20Lina%20Wahyuningsih.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13325/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi pemasaran (marketing) yang merupakan jantung perusahaan dalam mencari calon anggota sesuai rencana agar tujuan perusahaan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi pemasaran di BMT Al-Hikmah Ungaran. Obyek penelitan dilakukan di BMT Al-Hikmah Ungaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer didapat dari wawancara langsung dengan narasumber yaitu, marketing, Costumer Service dan manajer BMT, sedangkan data sekunder di dapat melalui buku-buku yang ada diperpustakaan yang berhubungan dengan masalah penelitian juga data dari BMT Al-Hikmah Ungaran berupa brosur-brosur, dokumen-dokumen dan lainnya. Hasil dari penelitan ini bahwa BMT Al-Hikmah Ungaran menggunakan strategi pemasaran yang efektif yaitu Penerapan Segmentasi, Targeting, dan Positioning dan Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Segmentasi menggolongkan calon anggota dari segi geografis dan demografis. Sedangkan bauran pemasaran meliputi: Product, price, place, promotion. Kegiatan promosi yang dilakukan BMT Al-Hikmah Ungaran yaitu: mendatangi calon nasabah, Semua Pegawai BMT, brosur, network (jaringan komputer).