Strategi peningkatan kualitas pelayanan produk SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) pada KSPPS BMT Al Hikmah
Main Author: | Agustina, Martina Riski |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13320/1/1705015027_Martina%20Riski%20Agustina_Full%20Tugas%20Akhir%20-%20Martina%20Riski.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13320/ |
Daftar Isi:
- KSPPS BMT Al Hikmah adalah lembaga keuangan swadayan masyarakat berbasis syariah yang tumbuh dan berkembang di Kecamatan Ungaran. Hadirnya KSPPS BMT Al Hikmah sebagai alternatif masyarakat Ungaran yang ingin bertransaksasi dengan prinsip syariah. Seiring berkembangnya KSPPS BMT Al Hikmah yang sudah berumur 20-an yang sudah semakin maju dan teknologi yang semakin canggih berkemanglah KSPPS BMT Al Hikmah dengan membuka kantor cabang yaitu: Gunung Pati, Babadan, Bandungan, Karang Jati, dan Bawen. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan karyawan pada KSPPS BMT Al Hikmah. (2) Untuk mengetahui arti penting pelayanan BMT bagi anggota dan karyawan KSPPS BMT Al Hikmah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dihasilkan dari data deskriptif berupa kata-kata maupun dari narasumber yang berkaitan. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh secara langsung melalui wawancara, sedangkan data sekunder bersumber dari: buku, jurnal penelitian terdahulu, artikel, brosur dan sumber informasi tertulis lainnya. Hasil dari penelitian ini menujukkan strategi peningkatan kualitas pelayanan karyawan terhadap produk SIRELA dengan meningkatkan mutu SDM adalah dengan cara memberikan motivasi kerja kepada karyawan, memberikan diklat (pelatihan) dan diberikan promosi jabatan. Pelayanan juga mempunyai arti yang bagi anggota dan karyawan diantaranya memberikan rasa puas diantara anggota karena merasa dipentingkan dan memberikan rasa puas karyawan karena berhasil memberikan pelayanan yang baik.