Analisis Reaksi Pasar pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (Studi Kasus pada Periode Juni 2009-Juni 2010)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keingintahuan tentang reaksi pasar perusahaan yang terdaftar di JII, khususnya pada periode terakhir (terbaru) yakni pada periode Juni 2009 hingga Juni 2010. Pemilihan periode tersebut bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar terbaru terhadap perusahaan saham syari’ah yang terdaftar di JII. Penelitian ini terpusat untuk mengetahui reaksi pasar semata tanpa adanya pembandingan maupun uji perbedaan dengan menggunakan satu sampel. Untuk mengetahui hal itu maka diajukan rumusan masalah bagaimana reaksi pasar pada perusahaan yang terdaftar di JII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mana pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di JII pada periode Juni 2009-Juni 2010 yang berjumlah 30 perusahaan. Sedangkan proses analisis dilakukan dengan mendasarkan pada metode analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diketahui bahwa dengan menggunakan Run-Test didapat temuan bahwa reaksi pasar cenderung positif dengan signifikansi 0,043 yang menunjukkan bahwa signifikasi tersebut berada di bawah ambang signifikansi 0,05 atau dapat ditulis 0,043 < 0,05. Oleh karena hasil signifikansi kurang dari 0,05, maka dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima, yakni reaksi pasar pada perusahaan yang terdaftar di JII adalah meningkat positif.