Sinergitas peran guru akidah akhlak dan guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di MAN 2 Grobogan
Main Author: | Masruchin, Lisa Nurul Ummah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13141/1/1603016179_Lisa%20Nurul%20U.M_Skripsi%20Full%20-%20lisa%20nurulummah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13141/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang sinergitas peran guru akidah akhlak dan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di MAN 2 Grobogan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: bagaimana sinergitas peran guru akidah akhlak dan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru akidah akhlak, guru bimbingan konseling, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kenakalan atau pelanggaran yang dilakukan siswa MAN 2 Grobogan adalah terlambat, membolos di jam pelajaran tertentu, tidak mengerjakan tugas dari guru dan merokok diluar lingkungan sekolah. Faktor pendukung dalam mengatasi kenakalan siswa meliputi: guru, dan peserta didik itu sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: orang tua, teman sebaya dan lingkungan. Dalam hal ini guru akidah akhlak dan guru bimbingan kkonseling berperan penting dalam mengatasi kenakalan siswa di MAN 2 Grobogan. Yakni dengan berperan sebagai : sebagai pembimbing, sebagai motivator, sebagai konselor, dan peran tersebut telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan landasan pelayanan bimbingan konseling.