Pengaruh kemudahan dan kepuasan penggunaan layanan Go-Food terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang
Main Author: | Sukroni, Sukroni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13138/1/1605026068_SUKRONI_Full%20Skripsi%20-%20Mr%20Sukroni.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13138/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan zaman sekarang ini telah membawa perubahan- perubahan di segala bidang kehidupan melalui nternet. Dengan adanya internet untuk memenuhi kebutuhan dapat melalui media online. Fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan pembelian secara online mengakibatkan terjadinya konsumsi secara berlebihan dan mengarah pada perilaku konsumtif konsumen. Perilaku konsumtif ini juga terjadi dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif melaui pembelian secara online. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen yaitu variabel Kemudahan Penggunaan (X1) dan variabel Kepuasan Penggunaan (X2), serta satu variabel dependennya yaitu Perilaku Konsumtif (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 94 mahasiswa/i FEBI UIN Walisongo Semarang. Tehnik pengumpulam data menggunakan metode kuesioner berupa pernyataan melalui google form yang disebar kepada responden pengguna layanan Go-Food dengan menggunakan tehnik random sampling. Analisis data dilakaukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS Statistics V.16. Selanjutnya analisis data dengan menggunakan uji validitas, reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan uji F, uji t, dan uji R square. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara simultaan kedua variabel independen ( X1 dan X2) berpengaruh terhadap variabel dependen (Y), dan parsial kedua variabel Kemudahan Penggunaan (X1) dan Kepuasan Penggunaan (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku konsumtif. Besarnya koefisien determinasi ( R square) adalah 77,4%. Hal ini berarti kedua variabel independen hanya mampu menjelaskan sebesar 77,4% variasi dependen, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi dalam penelitian ini.