Efektivitas metode pembelajaran bingo dalam meningkatkan pemahaman materi haji pada mapel fiqih kelas viii di MTSN 2 Kendal

Main Author: Sofiyah, Mega Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13126/1/1603016123_Mega%20Ayu%20Sofiyah_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Mega%20Ayu%20Sofiyah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13126/
ctrlnum 13126
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13126/</relation><title>Efektivitas metode pembelajaran bingo dalam meningkatkan pemahaman materi haji pada mapel fiqih kelas viii di MTSN 2 Kendal</title><creator>Sofiyah, Mega Ayu</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang dilakukan guru selama ini kurang bervariasi dan guru kurang maksimal dalam menggunakan media pembelajaran sehingga siswa pasif karena kurang tertarik dalam pembelajaran dan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu peneliti melakukan penelitian mengenai Efektivitas Metode Pembelajaran BINGO dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Haji pada Mapel Fiqih Kelas VIII di MTs N 2 Kendal. &#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs N 2 Kendal yang terdiri dari delapan kelas. Teknik sampling menggunakan simple random sampling, dengan sampel kelas VIII-A yang terdiri dari 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D yang terdiri dari 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian berupa tes. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pengujian hipotesis peneliti menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran BINGO sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman materi Haji pada mapel Fiqih kelas VIII. di MTs N 2 Kendal. Hal ini ditunujukan berdasarkan uji perbedaan rata-rata t-test. Diperoleh t hitung = 2,214 dan t tabel = 2,008 dengan taraf nyata 5% dan dk = 51. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka t hitung berada pada daerah penerimaan Ha. Jadi H0 : &#x3BC;1 &#x2264; &#x3BC;2 ditolak, dan Ha : &#x3BC;1 &gt; &#x3BC;2 diterima. Artinya, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran BINGO lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensioanal.&#xD; Berdasarkan data yang diperoleh, hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran BINGO memperoleh rata-rata hasil belajar = 80,06, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensioanal = 70,32. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran BINGO sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman materi Haji pada mapel Fiqih kelas VIII di MTs N 2 Kendal tahun ajaran 2019/2020.</description><date>2020-06-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13126/1/1603016123_Mega%20Ayu%20Sofiyah_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Mega%20Ayu%20Sofiyah.pdf</identifier><identifier> Sofiyah, Mega Ayu (2020) Efektivitas metode pembelajaran bingo dalam meningkatkan pemahaman materi haji pada mapel fiqih kelas viii di MTSN 2 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>13126</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sofiyah, Mega Ayu
title Efektivitas metode pembelajaran bingo dalam meningkatkan pemahaman materi haji pada mapel fiqih kelas viii di MTSN 2 Kendal
publishDate 2020
isbn 9781603016124
topic 297.77 Islamic religious education
371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13126/1/1603016123_Mega%20Ayu%20Sofiyah_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Mega%20Ayu%20Sofiyah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13126/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang dilakukan guru selama ini kurang bervariasi dan guru kurang maksimal dalam menggunakan media pembelajaran sehingga siswa pasif karena kurang tertarik dalam pembelajaran dan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu peneliti melakukan penelitian mengenai Efektivitas Metode Pembelajaran BINGO dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Haji pada Mapel Fiqih Kelas VIII di MTs N 2 Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs N 2 Kendal yang terdiri dari delapan kelas. Teknik sampling menggunakan simple random sampling, dengan sampel kelas VIII-A yang terdiri dari 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D yang terdiri dari 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian berupa tes. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pengujian hipotesis peneliti menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran BINGO sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman materi Haji pada mapel Fiqih kelas VIII. di MTs N 2 Kendal. Hal ini ditunujukan berdasarkan uji perbedaan rata-rata t-test. Diperoleh t hitung = 2,214 dan t tabel = 2,008 dengan taraf nyata 5% dan dk = 51. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka t hitung berada pada daerah penerimaan Ha. Jadi H0 : μ1 ≤ μ2 ditolak, dan Ha : μ1 > μ2 diterima. Artinya, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran BINGO lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensioanal. Berdasarkan data yang diperoleh, hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran BINGO memperoleh rata-rata hasil belajar = 80,06, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensioanal = 70,32. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran BINGO sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman materi Haji pada mapel Fiqih kelas VIII di MTs N 2 Kendal tahun ajaran 2019/2020.
id IOS2754.13126
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-03-02T06:39:38Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:07Z
recordtype dc
_version_ 1765821656108892160
score 17.13294