Efektivitas metode pembelajaran bingo dalam meningkatkan pemahaman materi haji pada mapel fiqih kelasVIII di MTs N 2 Kendal

Main Author: Sofiyah, Mega Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13078/1/1603016123_Mega%20Ayu%20Sofiyah_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Mega%20Ayu%20Sofiyah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13078/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang dilakukan guru selama ini kurang bervariasi dan guru kurang maksimal dalam menggunakan media pembelajaran sehingga siswa pasif karena kurang tertarik dalam pembelajaran dan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu peneliti melakukan penelitian mengenai Efektivitas Metode Pembelajaran BINGO dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Haji pada Mapel Fiqih Kelas VIII di MTs N 2 Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs N 2 Kendal yang terdiri dari delapan kelas. Teknik sampling menggunakan simple random sampling, dengan sampel kelas VIII-A yang terdiri dari 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D yang terdiri dari 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian berupa tes. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pengujian hipotesis peneliti menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran BINGO sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman materi Haji pada mapel Fiqih kelas VIII. di MTs N 2 Kendal. Hal ini ditunujukan berdasarkan uji perbedaan rata-rata t-test. Diperoleh t hitung = 2,214 dan t tabel = 2,008 dengan taraf nyata 5% dan dk = 51. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka t hitung berada pada daerah penerimaan Ha. Jadi H0 : μ1 ≤ μ2 ditolak, dan Ha : μ1 > μ2 diterima. Artinya, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran BINGO lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensioanal. Berdasarkan data yang diperoleh, hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran BINGO memperoleh rata-rata hasil belajar = 80,06, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensioanal = 70,32. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran BINGO sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman materi Haji pada mapel Fiqih kelas VIII di MTs N 2 Kendal tahun ajaran 2019/2020.