Pengaruh model pembelajaran habit forming dan pembiasaan shalat dhuha sebelum kegiatan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMAN 4 Kota Tegal

Main Author: Fauziyah, Alma Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13068/1/1603016113_Alma%20Nur%20Fauziyah_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Alma%20Nurfa.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13068/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran habit forming dan pembiasaan Shalat Dhuha terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA N 4 Kota Tegal. Dilakukannya penelitian ini untuk menjawab permasalahan: pertama, seberapa besar pengaruh model pembelajaran habit forming terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas X. Kedua, seberapa besar pengaruh pembiasaan Shalat Dhuha terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas X. Ketiga, seberapa besar pengaruh secara bersama antara model pembelajaran habit forming dan pembiasaan Shalat Dhuha terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas X. Penelitian yang dilaksanakan termasuk penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Dengan populasi sebanyak 280 siswa dan sampel penelitian 74 yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persamaan regresi berganda Y’ = 26,216 + 0,132X1 + 0,289X2 yang artinya terdapat hubungan positif antara model pembelajaran habit forming (X1) terhadap motivasi belajar PAI siswa (Y) dibuktikan dengan angka koefisien korelasi 0,132 atau signifikan. Kemudian terdapat hubungan positif antara pembiasaan Shalat Dhuha (X2) terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas X di SMA N 4 Kota Tegal (Y) dibuktikan dengan angka koefisien korelasi 0,289 atau signifikan. Kemudian untuk hasilnya adalah Fhitung = 18,005 > Ftabel (0,05;1;72) = 3,97. Sehingga variabel model pembelajaran habit forming (X1) dan pembiasaan Shalat Dhuha (X2) berpengaruh siginfikan secara bersama terhadap variabel motivasi belajar PAI siswa (Y) dengan besar pengaruh 33,7%. Setelah mengetahui hasil penelitian ini dan mengetahui pengaruh positif dari model pembelajaran habit forming melalui pembiasaan Shalat Dhuha terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X, maka saran bagi sekolah adalah melanjutkan program pembelajaran tersebut sehingga bisa terus meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan siswa akan selalu berkebiasaan baik. Bagi siswa adalah senantiasa meningkatkan keaktifan dalam mengikuti pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajarnya. Bagi orang tua agar selalu membimbing, memberi dukungan serta memberi perhatian lebih pada anaknya untuk melaksanakan tugasnya sebagai pelajar.