Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa MAN I Magelang
Main Author: | Azizah, Khanifatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13057/1/1603016074_Khanifatul%20Azizah_Full%20Skripsi%20-%20Khanifatul%20Azizah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13057/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui persepsi siswa tentang profesionalisme guru Akidah Akhlak MAN 1 Magelang, 2) mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa MAN 1 Magelang, 3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa MAN 1 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik stratified sampling jenis disproporsional sampel dengan responden sebanyak 289 siswa dari total siswa seluruhnya berjumlah 1.702 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik yaitu kuesioner dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, rata-rata nilai persepsi siswa tentang profesionalisme guru sebesar 75,58 dengan kategori “Baik” yang berada pada interval 70-81. Rata-rata nilai prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak sebesar 75,32 dengan kategori “Baik” yang berada pada interval 69-81. Sedangkan persepsi siswa tentang profesionalisme guru (X) memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak Siswa MAN 1 Magelang (Y) sebesar 0,029 atau 2,9 %. Penelitian ditunjukkan oleh harga thitung = 2,951 yang telah dikonsultasikan dengan ttabel, dan hasilnya menunjukkan pada taraf ttabel = 1,972. Maka hasilnya, thitung > ttabel pada taraf ttabel 5%.