Pengaruh penggunaan media big book tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III MI Nashrul Fajar Semarang

Main Author: Ulya, Durrotul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13047/1/Skripsi_1603096119_Durrotul%20Ulya.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13047/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media big book tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MI Nashrul Fajar Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk true experimental. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes lisan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas III B sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Analisis data menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai membaca Al-Qur’an kelas eksperimen adalah 65,00 dan rata-rata nilai membaca Al-Qur’an kelas kontrol adalah 43,10. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa jumlah total nilai Pre-Test siswa pada kelas eksperimen adalah 1139 dan total nilai Post-test sejumlah 1950. Sedangkan jumlah total nilai Pre-Test siswa pada kelas kontrol adalah 1136 dan total nilai Post-test sejumlah 1293. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an kelas eksperimen lebih meningkat daripada kelas kontrol. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata satu pihak kanan diperoleh t_hitung= 9,311 dan t_tabel = 1,671. Kriteria pengujian H_0 diterima jika t_hitung<t_tabel. Karena pada penelitian ini ini t_hitung>t_tabel maka H_0ditolak dan H_1diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran big book tajwid berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MI Nashrul Fajar Semarang.