Pengaruh metode classwide peer tutoring terhadap pemahaman konsep IPA materi siklus air pada siswa kelas V MI Al-khoiriyyah 01 Semarang
Main Author: | Fitriyani, Siti Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13040/1/Skripsi_1603096073_%20Siti%20Ayu%20Fitriyani.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13040/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa pengeruhnya metode pembelajaran Classwide Peer Tutoring terhadap pemahaman konsep siswa materi IPA siklus air pada siswa kelas V MI Al- Khoiriyyah 1 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Classwide Peer Tutoring terhadap pemahaman konsep IPA materi siklus air pada siswa kelas V MI Al- Khoiriyyah 1 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain “post test only control design”. Populasi pada penelian ini adalah semua siswa kelas V MI Al- Khoiriyyah 1 Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data meliputi tahap awal, analisis instrument dan anlisis tahap akhir. Dalam uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 3,537 sedangkan ttabel = 1,697. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulakan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Classwide Peer Tutoring lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan metode Classwide Peer Tutoring adalah 86,75 sedangkan model pembelajaran konvensional adalah 72,92. Adapun pengaruh dari metode Classwide Peer Tutoring terhadap pemahaman konsep yaitu sebesar 0,652 dan dalam bentuk persentase sebesar 42,51%. Dari uraian tersebut dapt disimpulkan bahwa metode pembelajaran Classwide Peer Tutoring berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA materi siklus air pada siswa kelas V MI Al- Khoiriyyah 01 Semarang tahun pembelajaran 2019/2020. Dengan adanya penelitian ini diharapkan para pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran Classwide Peer Tutoring untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lain sesuai. Pendidik juga diharapkan dapat mengembangkan kreativitas variasi pembelajarannya di kelas agar siswa semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.