Efektifitas model pembelajaran problem based learning berbasis saintific approach terhadap hasil belajar materi syukur, qona’ah, ridha dan sabar pada siswa kelas X di MANU 3 Sunan Katong Kendal

Main Author: Mulyani, Ade Ti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13034/1/1603016056-ADETIMULYANI-%20FULL%20SKRIPSI%20-%20Ade%20Timlyn21.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13034/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran problem based learning berbasis saintific approach terhadap hasil belajar materi syukur, qona’ah, ridha dan sabar pada siswa kelas x di MANU 3 Sunan Katong Kendal. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan eksperimen. Berdasarkan dari hasil perbedaan rata-rata hasil belajar diperoleh thitung> ttabel dengan ttabel 1.675, dan thitung 3.081, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, karena terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas Eksperimen yang menggunakan model pembelejaran Problem Based Learning berbasis Saintifik Approach dan kelas Kontrol model pembelajaran konvensional. Artinya pembelajaran model pembelejaran Problem Based Learning berbasis Saintifik Approach lebih efektif terhadap hasil belajar materi Syukur, Qona’ah, Ridha dan Sabar pada siswa kelas X di MA NU 03 Sunan Katong Kendal Tahun ajaran 2019/2020.