Pengaruh model pembelajaran think pair share berbantu media miniatur terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V MI Negeri Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020
Main Author: | Wulandari, Elita Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13017/1/Skripsi_1603096064_Elita%20Dwi%20Wulandari.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13017/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dari guru yang sering kali menggunkan metode dan model konvensional dalam menyampaikan materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share berbantu media miniatur terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V MI Negeri kota Semarang. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukan dengan adanya perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desai Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas VA yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi dan angket. Analisis data mengunakan hipotesis Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil output diperoleh nilai signifikasi 0,049 < 0,05. Ho ditilak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran think pair share berbantu media miniatur berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS siswa.