Pengaruh pemahaman materi akhlak terpuji terhadap sikap ta’dzim kepada guru siswa kelas VII MTs Thoriqotul Ulum, Tlogoharum, Wedarijaksa, Pati

Main Author: Anisa, Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13008/1/1603016028_FITRI%20ANISA_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Fitri%20Anisa.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13008/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pemahaman Materi Akhlak Terpuji Terhadap Sikap Ta’dzim Kepada Guru Siswa Kelas VII Mts Thoriqotul Ulum, Tlogoharum, Wedarijaksa, Pati. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan “Adakah Pengaruh Pemahaman Materi Akhlak Terpuji Terhadap Sikap Ta’dzim Kepada Guru Siswa Kelas VII Mts Thoriqotul Ulum, Tlogoharum, Wedarijaksa, Pati? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang tujuan utamanya mengumpulkan informasi dan data tentang variabel dari sekelompok objek (populasi). Sedangkan pendekatannya adalah kuantitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data yang berupa angka yang kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode statistika untuk mendapatkan informasi. Penelitia ini menggunakan penelitian populasi yang berjumlah 57 responden (siswa). Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui pemahaman materi akhlak terpuji siswa dan menggunakan angket untuk mengetahui sikap ta’dzim kepada guru. Sedangkan untuk pengumpulan data pendukungnya menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan analisis statistic deskriptif dan inferensial yaitu menggunkan korelasi product moment yang kemudian dianalisis dengan regresi sederhana untuk menguji hipotesis yang telah diajukan. Hal ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh antara pemahaman materi akhlak terpuji terhadap sikap ta’dzim kepada guru siswa kelas VII MTs Thoriqotul Ulum, Tlogoharum, Wedarijaksa, Pati sebesar 0,491. Dibuktikan dengan persamaan regresi Ŷ = 50,6+0,390 X dan hasil varian regresi Fhitung = 17,5 lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikasi 5% = 4,02 sehingga hipotesis diterima. Jadi kesimpulannya Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pemahaman materi akhlak terpuji terhadap sikap ta’dzim kepada guru siswa kelas VII MTs Thoriqotul Ulum, Tlogoharum, Wedarijaksa, Pati