Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berbantu media scrapbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI MI Al Khoiriyyah 2 Semarang
Main Author: | Cholifatun N, Ichwanul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13007/1/Skripsi_1603096059_Ichwanul%20Cholifatun%20N.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13007/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dari penggunaan media yang jarang diterapkan dalam pembelajaran juga para guru dan siswa di MI Al Khoiriyyah 2 Semarang yang belum pernah mengenal scrapbook sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantu media scrapbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI MI Al Khoiriyyah 2 Semarang. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain quasi experimental design dengan bentuk non-equivalen control group design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIA yang terdiri dari 23 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIB yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang untuk pengaruh 2 variabel yaitu menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi. Berdasarkan perhitungan analisis pengaruh 2 variabel diperoleh rbis (0,6859) ≥ rtabel (0,31) untuk taraf signifikan 5%, maka H0 ditolak dan Ha diterima, memiliki pengaruh sebesar 47,61%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantu media scrapbook berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dengan memberikan kontribusi sebesar 47,61% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.