Pengaruh variasi penataan tempat duduk terhadap motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS kelas V di MI Natijatul Islam Sumberejo Jaken Pati tahun ajaran 2019/2020
Main Author: | Nihar, Richa Zahrotun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13004/1/Skripsi_1603096051_Richa%20Zahrotun%20Nihar.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13004/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dari penataan tempat duduk siswa yang monoton atau tidak bervariasi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh variasi penataan tempat duduk terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V MI Natijatul Islam Sumberejo Jaken. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V A yang terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V B yang terdiri dari 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi, observasi dan angket. Analisis data yang untuk pengaruh 2 variabel yaitu Independent Sample T-Ttest. Berdasarkan perhitungan analisis pengaruh 2 variabel diperoleh nilai signifikan 0,048 < 0,05. Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa variasi penataan tempat duduk berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.