Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keterampilan berpikir kritis mata pelajaran PPKN pada peserta didik kelas V MI Taufiqiyah Semarang

Main Author: Savira, Mutiara Silvie
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12995/1/Skripsi_1603096040_Mutiara%20Silvie%20Savira.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12995/
Daftar Isi:
  • Model pembelajaran kooperatif tipe time token merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada seluruh peserta didik untuk mengeluarkan pendapat atau menyampaikan gagasan yang ingin disampaikan setiap peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di MI Taufiqiyah dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling kelas yang digunakan yaitu kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis data keterampilan berpikir kritis peserta didik terdapat perbedaan antara rata-rata keterampilan berpikir kritis yaitu siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari perhitungan data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe time token dengan pembelajaran konvensional.