Pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti siswa di SMAN I Bandar Batang

Main Author: Setiowati, Wiwit
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12993/1/1603016016_Wiwit%20Setiowati_Full%20Skripsi%20-%20Wiwit%20Setiowati.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12993/
Daftar Isi:
  • Skirpsi ini membahas Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Keagamaan terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa di SMA N 1 Bandar Batang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana tingkat keaktifan siswa SMA N 1 Bandar Batang dalam mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah, bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa SMA N 1 Bandar Batang, serta apakah terdapat pengaruh antara keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SMA N 1 Bandar Batang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Bandar Batang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Adakah Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Keagamaan terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa di SMA N 1 Bandar Batang. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif melalui penelitian lapangan (field reseach). Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data tentang Bagaimana Keaktikan siswa dalam Kegiatan Keagamaan (variabel X) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa di SMA N 1 Bandar Batang (variabel Y). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Selanjutnya dari hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan di SMA N 1 Bandar Batang, peneliti mendapatkan data bahwa keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan (X) dengan rata-rata sebesar 43,86 dibulatkan menjadi 44 yaitu berada pada interval 40-46 yang berarti keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan (X) tergolong ke dalam kategori “Sedang”. Sedangkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SMA N 1 Bandar Batang (Y) memiliki rata-rata sebesar 87,8498 yang dibulatkan menjadi 88 yang berada pada interval 85-89 yang berarti hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SMA N 1 Bandar Batang (Y) tergolong ke dalam kategori “Sedang”. Analisis uji hipotesis diperoleh persamaan regresi Y ̂=79,39326+0,19277X. Hasil F_hitung sebesar 13,59 lebih besar dari F_tabel baik pada taraf signifikansi 1% yaitu F_tabel=6,74 maupun pada taraf signifikansi 5% yaitu F_tabel=3,88. Karena F_hitung>F_tabel maka hasil perhitungan di atas menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SMA N 1 Bandar Batang sehingga hipotesis diterima. Artinya semakin aktif siswa dalam kegiatan keagamaan, maka semakin meningkat pula hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa di SMA N 1 Bandar Batang. Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar kecilnya kontribusi variabel X (keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan) terhadap variabel Y (hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SMA N 1 Bandar Batang) dapat diwakili oleh besarnya koefisien determinasi yang dinotasikan dalam angka R^2 (R Square) adalah sebesar 0,06 yang artinya besar pengaruh variabel X (keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan) terhadap variabel Y (hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SMA N 1 Bandar Batang) adalah 6% sisanya sebesar 94% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Sehingga dapat dinyatakan bahwa keaktifan siswa dalam kegiatan keagamaan berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SMA N 1 Bandar Batang. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan hasil yang signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima.