Pola pembiasaan hafalan surat pendek anak usia dini kelompok A di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020

Main Author: Fajri, Intan Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12978/1/1603106031_INTAN%20NURUL%20FAJRI_FULL%20SKRIPSI%20-%20Nona%20Intan.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12978/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang, Skripsi ini membahas tentang pola pembiasaan hafalan surat pendek anak usia dini kelompok A. Pembiasaan yaitu mengajarkan peserta didik untuk membiasakan perilaku terpuji, jujur, bertanggung jawab serta beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, salah satunya membiasakan peserta didik untuk menghafal surat-surat pendek, doa sehari-hari maupun hadist agar kelak menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh anak serta dapat di aplikasikan langsung untuk kehidupan sehari-hari. Kebiasaan ini sangat penting bagi pengembangan kognitif dan bahasa anak dalam hal ini kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan sehari-hari akan terpatri dalam ingatan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pola pembiasaan hafalan surat-surat pendek anak usia dini kelompok A di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan dua orang guru. Data dikumpulkam melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Data dianalisis secara kualitatif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pola pembiasaan hafalan surat pendek anak usia dini kelompok A dilakukan disekolah pada pagi hari secara bersama-sama dan didampingi oleh guru kelas selama 30 menit sebelum proses belajar mengajar, selain itu kegiatan ini juga dilakukan disetiap kelas masing-masing. Dalam pembiasaan hafalan surat-surat pendek anak usia dini kelompok A menggunakan metode Sima’I anak mendengarkan guru membimbing lalu anak menirukan kemudian metode wahdah menghafal perayat.