Pengaruh keaktifan siswa berorganisasi terhadap pembentukkan karakter kepemimpinan siswa kelas XI SMAN 14 Semarang
Main Author: | Silvi, Silvi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12965/1/1603036118_Silvi_Full%20Skripsi%20-%20silvi%20Khoja.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12965/ |
Daftar Isi:
- Persoalan keaktifan siswa berorganisasi kelas XI SMAN 14 Semarang yaitu prestasi belajar menurun, tidak aktif saat proses pembelajaran. Permasalahannya ialah:(1) Seberapa besarkah pengaruh keaktifan siswa berorganisasi terhadap pemebntukkan karakter kepemimpinan siswa kelas XI SMAN 14 Semarang;(2) Adakah pengaruh yang signifikan antara pengaruh keaktifan siswa berorganisasi terhadap pembentukkan karakter kepemimpinan siswa kelas XI SMAN 14 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expose facto. teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dan regresi sederhana. Hasil penelitian: (1) Hubungan antara keaktifan siswa berorganisasi terhadap pemebntukkan karakter kepemimpinan siswa sebesar 0,548, sedangkan determinasinya sebesar 28,9% sisanya 71,1%. Sementatra persamaan regresi Ŷ= 39,12 + 0,515x dengan koefisien regresinya sebesar 0,515 dimana dapat dinyatakan bahwa kenaikan satu variabel X akan diikuti sebesar 0,515 variabel Y. 2) Terdapat sedikit signifikan antara keaktifan siswa berorganisasi terhadap pembentukkan karakter dengan hasil uji Fhitung sebesar 30,098 lebih besar dari Ftabel (3,96) pada taraf signifikan 5% dan Ftabel (6,96) pada taraf signifikan 1%. Saran: siswa sebaiknya lebih aktif dalam kegiatan organisasi agar siswa terbiasa tampil dan dapat menjadikan dirinya percaya diri, dan saat proses pembelajaran siswa dapat aktif mengikuti proses pembelajaran.