Pengaruh Kedisiplinan Guru dalam Mengajar terhadap Mutu Pembelajaran di MTs NU Al Hikmah Polaman Mijen Semarang Tahun Ajaran 2011/2012
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Pengaruh kedisiplinan guru mengajar terhadap mutu pembelajaran di MTs NU Al Hikmah Polaman Mijen Semarang tahun ajaran 2011/2012. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya kedisiplinan guru dalam mengajar yang mempengaruhi mutu pembelajaran di sekolah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kedisiplinan guru mengajar di MTs NU Al Hikmah Polaman Mijen Semarang tahun ajaran 2011-2012? (2) Bagaimana mutu pembelajaran di MTs NU Al Hikmah Polaman Mijen Semarang tahun ajaran 2011-2012? (3) Adakah pengaruh kedisiplinan guru mengajar terhadap mutu pembelajaran di MTs NU Al Hikmah Polaman Mijen Semarang tahun ajaran 2011-2012?. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan variabel bebas kedisiplinan guru mengajar di MTs NU Al Hikmah Polamna Mijen Semarang sedangkan variabel terikatnya adalah mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode angket untuk mengetahui nilai variabel bebas dan untuk mengetahui nilai variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket kedisiplinan guru mengajar dan angket mutu pembelajaran yang diberikan kepada sampel responden sebanyak 13 orang dari populasi sebesar 13 guru yang mengajar di MTs NU Al Hikmah Polaman Mijen Semarang tahun ajaran 2011/2012. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik menggunakan rumus regresi. Dari dua variabel yang ada yaitu, variabel X (kedisiplinan guru mengajar), dan variabel Y (mutu pembelajaran). Setelah diuji hipotesis ternyata terdapat pengaruh secara signifikan antara kedisiplinan guru mengajar terhadap mutu pembelajaran di MTs NU Al Hikmah Polaman Mijen Semarang tahun ajaran 2011/2012, Hal ini dapat dilihat pada koefisien rxy = 0,778, nilai regresi (Freg) sebesar 17,982 dan F tabel untuk F0,05 (5%) = 4,75 dan F0.01 (1%) = 9,33. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel maka hipotesis yang diajukan adalah signifikan, artinya hipotesis diterima, melalui persamaan regresi Ŷ= 9,582+ 0,903X. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti diterima dikarenakan terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru mengajar terhadap mutu pembelajaran di MTs NU Al Hikmah Polaman Mijen Semarang tahun ajaran 2011/2012.