Manajemen kurikulum pondok pesantren dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi (Studi kasus Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto Gubug Grobogan Jawa Tengah)

Main Author: Nisa’, Khoirun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12959/1/1603036077_KHOIRUN%20NISA__%20LENGKAP%20TUGAS%20AKHIR%20-%20khoirun%20nisa.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12959/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas mengenai manajemen kurikulum pondok pesantren dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi (studi kasus Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto Gubug Grobogan Jawa Tengah). Kajian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh institusi pendidikan Islam yaitu pesantren, di mana daya saing santri bisa dikatakan sebagai tujuan pokok, karena mengingat kondisi globalisasi sekarang ini menjadikan tingkat kompetisi semakin berat. Sehingga menyusun startegi yang sesuai kebutuhan harus dilakukan, termasuk di dalamnya adalah merancang sistem pendidikan yang baik dan tepat sasaran. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan kurikulum pondok pesantren dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi (studi kasus Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto Gubug Grobogan Jawa Tengah). (2) Pelaksanaan kurikulum pondok pesantren dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi (studi kasus Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto Gubug Grobogan Jawa Tengah). (3) Evaluasi kurikulum pondok pesantren dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi (studi kasus Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto Gubug Grobogan Jawa Tengah). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library Research), dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kurikulum program bilingual dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto sudah berdasarkan pada visi, misi, tujuan pesantren dan tujuan program bilingual. (2) Pelaksanaan kurikulum program bilingual dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto memiliki tiga program yang menunjang proses berjalannya program bilingual. Yaitu daily language, arabic club dan english club, language art. (3) Evaluasi kurikulum program bilingual yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto berdasarkan beberapa hal, yaitu: pertama berdasarkan evaluasi materi, kedua kebutuhan dan kesesuaian, ketiga berdasarkan usulan- usulan yang didasarkan pada hasil ujian dan pengamatan yang dilakukan oleh pengurus program bilingual.